Sabtu, 25 April 2015

Kelebihan Ilmu Dibanding Harta

Al Allaamah Ibnul Qayyim menerangkan kelebihan ilmu atas harta:

-          Ilmu adalah Warisan Nabi, sedangkan harta adalah warisan para raja dan orang kaya.

-          Ilmu itu menjaga pemiliknya, sedangkan harta harus dijaga pemiliknya.

-          Ilmu itu mengendalikan harta, sedangkan harta dikendalikan oleh ilmu, dengan demikian ilmu memerintah sedangkan harta diperintah.

-          Ilmu selalu bertambah jika didermakan dan diajarkan kepada orang lain, sedangkan harta akan hilang percuma jika dibelanjakan, kecuali shadaqah.

-          Ilmu selalu menemani pemiliknya hingga ke liang kubur, sedangkan harta akan memisahkan diri dari pemiliknya sesudah kematiannya kecuali shadaqah jariyah.

-          Harta dapat diperoleh setiap orang baik kafir maupun muslim, yang durhaka maupun yang shalih. Sedangkan ilmu yang bermanfaat tidak akan diperoleh kecuali seorang mukmin.

-          Para raja dan lainnya membutuhkan orang berilmu, sedangkan orang miskin dan orang-orang yang kekuranganme merlukan pemilik harta.

-          Pemilik harta bisa saja menjadi faqir antara siang dan malam hari, sedang ilmu tidak dikhawatirkan kemusnahannya, kecuali jika pemiliknya menyia-nyiakan.

-          Harta kadangkala menjadi sebab kebinasaan pemiliknya, berapa banyak orang kaya diculik karena hartanya. Sedangkan ilmu adalah kehidupan bagi pemiliknya meskipun sudah wafat.

-          Kebahagiaan karena ilmu bersifat abadi, sedangkan kebahagian karena harta bersifat sementara dan suatu saat akan binasa.

-          Orang yang berlimu kadar dan nilainya ada pada dirinya, sedangkan orang kaya nilainya ada pada hartanya.

-          Orang kaya mengajak orang lain untuk mengejar dunia, sedang orang berilmu mengajak orang lain menuju akherat.

--Mizanul Muslim (31-32)—

Kajian Broadcast Serambi Ma’rifat

Untuk pendaftaran Silahkan Ketik:

BC(spasi)NAMA(spasi)ALAMAT

Kirim ke 085647573338
Sebarkan !
copaste by www.AinuRofik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar