Selasa, 05 Mei 2015

Dari Preman Ceger jadi Hafidz Quran

Farrel, 9 tahun. asal Jakarta Timur, kawasan TMII Kelurahan Ceger. Dia adalah keponakanku. Anak dari abangku, Deny.

Setiap pagi bang Deny mengantar Farrel sekolah, maka wajahnya kuyu dan lesu. Seolah enggan sekali ia bersekolah. Jangankan untuk masuk kelas, untuk cium tangan orang tuanya saja ia malas. Apalagi saat di antar menuju sekolah setiap pagi, Farrel sering tidur di motor. “Ia tak punya gairah masuk sekolah” demikian bang Deny tuturkan.

Seperti kebanyakan anak, Farrel amat jemu dengan segudang pelajaran di sekolah. Tidak ada yang menarik. Apalagi banyak guru gemar ‘menyiksa’ murid dengan PR yang sulit dan tidak sedikit.

“Farreeeeeelllll, mau kemana……?!” terdengar suara Mami Endah berteriak nyaring.

“Aku mau MAIN…..!” jawabnya singkat dan langsung lari.🏃🏃🏃

“Ihhhhhh….., main melulu nih anak!” gusar mami Endah, ibunya Farrel.😤

Itulah karakter alami anak seusia Farrel.  Banyak orang tua yang kurang mengerti cara menangani anak yang kurang gemar belajar. Bukan dengan bentakan, hardikan, omelan apalagi pukulan!

Beda lagi soal urusan main. Farrel meski tubuhnya tergolong kecil namun dia adalah anak kinestetik. Doyan nya gerak, muter, dan main-main. Kalau diajak olahraga atau jalan-jalan dia amat senang. Gak cuma permainan fisik, permainan game offline atau online pun dia amat suka. Malah terkadang sampai gak kenal waktu.

Di rumahnya di jalan Haji Siun, dia suka keluyuran. Warga sekitar amat kenal dengan Farrel. Sebab meski berumur dan berpostur kecil, Farrel bisa gaul dengan orang seusia berapapun. Supel, gitulah istilahnya.

Belakangan abangku Deny sering mengeluh Farrel suka sekali main game online di warnet. Meski sudah dilarang berkali-kali, namun tetap saja dia bersama teman-temannya main ke sana.

Celakanya ia sudah kecanduan. Dan main di warnet tentunya tidak gratis. Untuk menyiasati ini, Farrel berulah. Ia meminta uang kepada siapa saja yang dia kenal di Ceger. Awalnya warga Ceger memberikan dengan senyum, lama-kelamaan mereka jengah juga dipalak oleh Farrel. Maka ada gelar baru yang disematkan mereka kepada Farrel; ‘Preman Ceger’

Candu main game online ini membuat ia tidak suka belajar dan sekolah!!! Kedua orang tua nya pun pusing memikirkan.

Suatu kesempatan, bang Deny bawa keluarganya datang ke Mahad Askar Kauny di Cijulang. Farrel pun dalam waktu singkat dapat bergaul dengan santri di sana. Hal yang dia senang dari pesantren adalah semua anak yang belajar di sini bisa MAIN sepuasnya. Semua anak gembira, dan yang lebih membuat Farrel kagum dari Mahad Askar Kauny adalah TIDAK ADA PR !!💪

Farrel pun memutuskan sejak saat itu, bahwa ia ingin jadi santri penghafal Al Quran dan tidak mau pulang lagi! “Ajaib…… itulah sinar Al Quran!” gumam saya dan bang Deny.

Keluarga besar kami gemparrrr…. Tak ada yang percaya bahwa Farrel si Preman Ceger betah di Mahad. Menghafal Al Quran lageee.

Namun yang terjadi adalah luar biasa. Farrel bisa menghafal Al Quran lebih cepat dari kebanyakan santri yang ada. Ia bisa menghafal ayatnya. Paham artinya. Bahkan nomer ayatnya. Ia sering tampil ke panggung dalam berbagai event mewakili Mahad. Banyak yang histeris dan menangis melihat anak kecil seperti Farrel bisa menghafal sedemikian rupa.

Hingga saat Farrel yang dahulunya Preman Ceger pulang liburan jelang Lebaran 1435 H. Bang Deny tuturkan kisah mengharukan;

Bang Deny bersama keluarganya menghadiri kumpul reuni SMA. Seperti bang Deny, semua yang hadir membawa keluarga.

Saat tarawih berjamaah maka semua orang meminta Farrel menjadi imam mereka.

Farrel kecil berusia 9 tahun dan bertubuh kecil itu pun tampil dengan tenang. Ia memimpin sholat dengan bacaan yang tartil tanpa ragu.

Semua yang hadir berdecak kagum sebab Farrel membacakan surat AR RAHMAN dan AL WAQIAH dalam tarawih yang ia pimpin! 

Semuanya berkeinginan untuk menghafal Al Quran seperti Farrel.

Malam itu tanpa diminta, Farrel kembali jadi Preman. Hehehehe….. kali ini, ia tidak lagi memalak orang. Namun semua orang memberi uang jajan kepada Farrel karena kekaguman mereka atas Farrel yang kali ini amat berubah. Sebuah perubahan yang disenangi oleh semua orang!

Hebat khan hidup dengan Al Quran….?

Wassalam,
@bobbyherwibowo

Menghafal Al Quran Semudah Tersenyum

ikuti #ToT1000MuallimQuran utk lancar belajar & mengajarkan Al Quran brsm ust @bobbyherwibowo 2-4 Juni'15 di Cisarua Bogor
Info: 087877221200
copaste by www.AinuRofik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar