Jumat, 11 September 2015

Hormati Yang Tua Sayangi Yang Muda

Arahan dan Kontrol terhadap perilaku anak terhadap saudara-saudaranya haruslah dilakukan oleh orang tua. Tanamkan sedari dini anak-anak kita bagaimana sikap menghormati yang lebih tua, dan ajarkan kepada yang lebih tua untuk menyayangi yang lebih muda, hal ini senanda dengan sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم, "Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak mengetahui hak orang tua dan tidak menyayangi anak kecil"

Tanamkan kepada semua anak-anak sikap saling menghargai, tidak saling menghina, dan mengolok-olok, hal ini berdasarkan kepada firman Allah جل جلا له:

بسم الله الرحمن الرحيم

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا لَا يَسۡخَرۡ قَوۡمٌ مِّنۡ قَوۡمٍ عَسٰٓى اَنۡ يَّكُوۡنُوۡا خَيۡرًا مِّنۡهُمۡ وَلَا نِسَآءٌ مِّنۡ نِّسَآءٍ عَسٰٓى اَنۡ يَّكُنَّ خَيۡرًا مِّنۡهُنَّ​ۚ وَلَا تَلۡمِزُوۡۤا اَنۡفُسَكُمۡ وَلَا تَنَابَزُوۡا بِالۡاَلۡقَابِ​ؕ بِئۡسَ الِاسۡمُ الۡفُسُوۡقُ بَعۡدَ الۡاِيۡمَانِ​ ۚ وَمَنۡ لَّمۡ يَتُبۡ فَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوۡنَ‏ 

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri¹ dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman² dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim" (QS. al-Hujurat : 11)

¹ "Jangan mencela dirimu sendiri" maksudnya ialah mencela antara sesama mukmin karena orang-orang mukmin seperti satu tubuh.

² Panggilan yang buruk ialah gelar yang tidak disukai oleh orang yang digelari, seperti panggilan kepada orang yang sudah beriman, dengan panggilan seperti: hai fasik, hai kafir dan sebagainya.
copaste by www.AinuRofik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar